[Menerjemahkan]
Terkadang kita sering dengar ada yang bercerita tentang Bisnis Modal Dengkul. Akan tetapi hal itu mungkin hanyalah isapan jempol semata karena yang namanya berbisnis itu pasti memerlukan modal, besar kecilnya pun relatif tergantung bisnis apa yang akan kita geluti. Terus bagaimana kalau hanya punya modal yang sedikit alias minim modal?
Bursamuslim.com akan berbagi beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis dengan modal minimalis :
1. Buka jaringan kerja seluas-luasnya
Setiap hari pasti kita akan berinteraksi dengan seseorang baik sudah dikenal maupun belum. Mulailah untuk bersilaturahmi dengan mereka minta kartu nama/no.HP dan setelah itu berkomunikasi secara berkala. Ada baiknya juga lakukan pertemuan secara berkala untuk menjaga hubungan silaturahmi dengan mereka.
2. Optimalkan kreatifitas kerja
Setelah Anda mempunyai jaringan kerja segeralah untuk memperkenalkan pribadi anda beserta kemampuan dan keahlian kepada jaringan kerja. Ciptakanlah citra yang positif pada diri kita. Buat mereka melihat potensi bisnis pada diri kita.
Trik-trik menciptakan citra yang positif :
Buat perencanaan bisnis
Banyak yang tidak mengira bahwa rencana adalah uang. Lihat saja bisnis real estate yang terlihat sangat mewah dan kapitalisme yang sangat besar. Awalnya bukan dari modal finansial tetapi justru berasal dari modal kreatifitas para arsitektur. Nah buatlah perencanaan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Anda hanya butuh berpikir dan menuangkan diatas kertas seluruh kreatifitas anda.
Presentasikan rencana bisnis
Pengusaha yang sukses bukanlah orang yang ahli membuat produk, pengusaha yang besar justru orang yang panda presentasi dan lobi-lobi. Keterampilan presentasi dan bicara itu mudah dilatih asal disiplin. Prinsipnya orang lain baru akan tahu potensi bisnis kita jika kita mampu memberitahu mereka dengan baik.
Buat prototipe produk yang khas
Gunakan hati dan pikiran untuk membuat sebuah produk yang bermanfaat untuk masyarakat luas, buatlah produk dengan curahan hati dan jiwa. Temukan kebutuhan konsumen. Banyak pengusaha gagal karena mereka tidak mengetahui kebutuhan konsumen.
3. Mengelola modal finansial
Jika kita telah mengoptimalkan modal jaringan kerja dan modal kreatifitas, maka sudah selayaknya kita mendapatkan modal finansial. Jaringan kerja yang luas adalah sumber modal finansial yang tak terbatas.
Sumber : Majalah Pengusaha Muslim Edisi 17
Ingin mendapatkan majalah ini klik http://peluangusaha.bursamuslim.com/