[Menerjemahkan]
Berbisnis online memang terasa lebih mudah dan sederhana. Modal kecil dan untung besar bisa diraih jika Anda benar-benar serius dan profesional dalam menekuninya. Apalagi adanya portal jual beli yang didukung komunitas seperti Bursamuslim.com yang memberikan sarana lapak dan promosi baik yang edisi FREE maupun edisi PREMIUM.
Ada beberapa strategi yang bisa Anda pilih dalam memulai berbisnis online yang mudah, tepat sasaran, dan menghasilkan keuntungan.
Produk yang memenuhi kebutuhan target pasar yang belum tersentuh
Secara konsep, hal ini cukup mudah dimengerti, dan ini bukanlah ide yang benar-benar baru. Tapi walaupun begitu, seorang pebisnis online pemula yang memiliki target pasar baru yang belum tersentuh oleh orang lain dan bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan produk-produk yang tepat adalah kesempatan terbaik bagi pebisnis online pemula sekarang ini.
Memiliki kemampuan yang kuat dalam mendapatkan pengunjung melalui mesin pencarian
Bukanlah sebuah rahasia lagi bahwa mesin pencari, terutama Google, sudah menjadi gerbang untuk memasuki dunia internet. Jumlah pencarian menanjak sangat tinggi, dan bisa menawarkan cara terbaik untuk mendapatkan pengunjung (visitor) tanpa biaya tambahan. Hal ini tentunya sangat berguna untuk para pebisnis online pemula, karena mesin pencari (search engine) bisa menetralisir kebutuhan akan pengenalan pasar tentang brand/merek Anda (Brand Recognition).
Jasa yang membantu orang untuk mencari uang
iStockphoto adalah contoh yang memberikan kesempatan bagi fotografer semi-profesional untuk mengakses pasar jual beli foto, dan bisa memberikan mereka pendapatan tambahan.
Sedangkan di Indonesia, sribu.com adalah contoh yang bagus dalam menerapkan strategi ini, yaitu memberikan kesempatan kepada designer grafis untuk mengikuti kontes desain gratis namun bernilai jual bagi pemenang kontes.
Alternatif yang gratis (atau hampir gratis) dari jasa yang tadinya mahal.
Lagi-lagi hal ini bukanlah hal yang benar-benar baru, tapi hal ini sudah digunakan di dunia internet dan dirasa cocok untuk diulangi. Beberapa contohnya adalah Greenfield Online, pionir dalam riset pasar online, Craigslist sebagai alternatif dari classifieds, dan iStockphoto sebagai alternatif yang hampir gratis dari stock photography.
Kemampuan untuk mendapatkan user melalui partner-partner distribusi.
Memiliki jalur distribusi sebagai batu loncatan untuk mendapatkan user (pengguna) bukanlah sebuah kebutuhan, tapi tetap meningkatkan kemungkinan untuk sukses. Skype bisa mendapatkan 500 ribu user pertamanya dengan cara dipaketkan dengan Kazaa. MySpace melakukan migrasi user dari sebuah jasa biro jodoh (CupidJunction) dan menggunakan pemasaran database dengan sangat keras.(adapted from startupbisnis.com)
Anda ingin menambahkan?