Apa sih sebenarnya kolestrol itu? Seringkali kolestrol dibicarakan sebagai sumber masalah kesehatan. namun bukan berarti kolestrol tidak memiliki fungsi bagi tubuh manusia. Ada kolestrol jahat (LDL) dan kolestrol baik (HDL). Penyumbatan pembuluh darah karena kolestrol jahat yang berlebihan akan berdampak stroke, serangan jantung. jadi kolestrol dibutuhkan dalam keadaan normal bukan dalam jumlah tinggi karena pola makan yang kurang baik. Jadi bagaimana cara mengontrol kolestrol agar tetap dalam keadaan normal dan tidak berlebihan? Tentu saja kembali pada pola makan yang baik. dan mengkonsumsi makanan yang dapat mengontrol tingkat kolestrol dalam tubuh. Apa saja makanan yang dapat mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh?

1. Ikan Salmon : Ikan salmon yang mengandung omega-3 dapat mencegah atau menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah arteri, meningkatkan HDL, dan sebagai pencegah kolesterol terpecah dan menjadi sumbatan di arteri. Manfaat yang sama juga bisa anda temukan pada ikan mackerel, tuna, sarden.

2. Kacang-kacangan : Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengonsumsi serat larut bisa mengurangi kolesterol. Kacang merah, buncis, kacang panjang dapat menurunkan kolestrol hingga 10%.

3. Bayam : kandungan lutein dalam bayam mampu mengusir kolesterol dalam pembuluh darah. Memakan bayam setiap hari bisa menetralkan makanan berkolesterol yang kita makan.

4. Kacang Kedelai : kacang kedelai bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol bila dimasak dengan benar. Tidak dicampur santan dan tidak digoreng adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan manfaat kacang kedelai.

5. Minyak Zaitun/Olive Oil : Minyak Zaitun atau olive oil banyak mengandung antioksidan yang bisa digunakan sebagai bahan makanan penurun kolesterol.

6. Teh : Teh mengandung banyak antioksidan, meminum teh setiap hari dapat menurunkan kolesterol yang menumpuk di tubuh anda.

7. Cokelat Hitam : Cokelat hitam mengandung antioksidan dan flavanoid yang berperan mengontrol kadar klosestrol dalam tubuh.

8. Margarin : Margarin dari minyak biji kanola terbukti dapat dapat digunakan sebagai makanan penurun kolesterol.

9. Oat : Dua porsi oat setiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Karena Oat mengandung zat yang disebut beta glukan, yg bisa menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Alpukat : Alpukat adalah sumber lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL. Sayangnya, alpukat tinggi kalori, sehingga harus dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang bisa menekan kalori.

11. Bawang putih : bawang putih dipakai untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi, dan bisa mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

12. Mede, Almon, dan Kenari : Lemak tak jenuh tunggal, mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Namun kacang-kacang ini sangat tinggi protein, jadi konsumsi dengan tidak berlebihan.

Dengan menjaga pola makanan seimbang dan konsumsi makanan yang baik dalam pengotrolan kadar kolestrol dalam tubuh akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan dampak buruk kolestrol jahat. Yuk sama-sama jaga kesehatan. Semoga tips kali ini bermanfaat ya Clovers.

Referensi:
http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=1&sub=84

http://wartabumi.com/2011/buah-dan-makanan-penurun-kolesterol

http://blog.wawancoys.com/2011/11/8-makanan-terbaik-untuk-menurunkan.html

http://www.inilah.com/read/detail/50593/10-makanan-penurun-kolesterol