Laptop dan notebook sepertinya sudah bukan merupakan barang mahal lagi, kini banyak tersedia dipasaran mulai low end hingga high end. Orang banyak yang sudah memilikinya, baik sebagai bagian dari gaya hidup, untuk bisnis, untuk mengerjaakan tugas/skripsi.

Sepertinya PC akan mulai tergusur dengan kehadiran laptop/notebook. Walaupun PC lebih tangguh, namun kenyaman laptop/notebook yang bisa dibawa mobile jadi pilihan favorit.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar laptop/notebook anda berumur panjang dan tetap awet.

Gunakan stabilizer listrik

Bagi anda yang gemar bekerja dengan laptop/notebook tapi dengan melepas baterai ada baiknya tambahkan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga arus yang tidak stabil masuk ke laptop/notebook anda. Sehingga kenyamana anda bekerja dengan laptop terus terjaga.

Hati-hatilah Membawa Laptop/Notebook dalam tas

Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesaign untuk laptop/notebook. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus buat laptop/notebook. Mungkin tas untuk ini harganya agak mahal. Tapi sepadan dengan fungsinya untuk melindungi.

Jangan Makan dan Minum dekat Laptop/Notebook

Hindarilah makan atau minum di dekat laptop/notebook. Cairan atau makanan bisa saja tanpa sengaja tumpah dan bisa mengenai keyboard dan masuk ke komponen. Kalau sampai komponen di dalam rusak, maka biaya untuk menggantinya sangat mahal.

Hati-hatilah Download Software

Usahakan untuk memakai software yang sudah ada dalam paket pembelian laptop/notebook anda, untuk menghindari virus yang merusak. Download software di internet, kalau tidak berhati-hati tanpa dukungan antivirus yang memadai dan ter update dengan baik sebaiknya tidak dilakukan.

Tidak boleh Meletakkan Laptop/Notebook di lantai

Debu yang beterbangan di lantai bisa merusak laptop/notebook. Jauhkanlah dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan sangat besar.

Jangan Bongkar Laptop/Notebook

Jika anda bukan seorang teknisi yang memang mengerti benar soal Laptop/Notebook jangan coba-coba untuk membongkarnya sendiri. Lebih baik kalau ada masalah, segera perbaiki di service center terdekat.

Bersihkan secara rutin

Ini yang sering tidak dilakukan oleh pemilik laptop/notebook. Membiarkan laptop/notebook dalam keadaan kotor sama saja dengan mempendek umurnya. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboardnya.

Semoga tips di atas membuat laptop/notebook anda selalu awet. Amin..