kenapa ya gan pengendara motor di negara2 maju n negara2 produsen sepeda motor tuh jarang banget (sedikit) pengendara motornya di bandingin negara2 berkembang seperti indonesia, vietnam, philipine dll…..

contohnya america, negara-negara eropa, jepang dan negara maju lainya tuh jarang banget pengendara motornya apalagi motor bebek

ada yang tau kenapa???

JAWABAN dari KASKUSER :

Quote:
Originally Posted by ImeN134 View Post
Ane compare dengan di Malaysia deh, berhubung ane emang lagi tinggal sementara di Malaysia krn study.

Ada beberapa faktor kenapa di malaysia sedikit motor:
1. Dukungan pemerintah dalam hal proses kredit mobil yang amat mudah
2. Jumlah penduduk yang tidak terlalu padat, di dukung dengan infrastruktur yang baik. Sehingga, orang yang inngin beli mobil akan terasa sangat nyaman karena lalu lintas kota tidak macet.
3. Transportasi Umum juga sangat memadai, ini mengakibatkan orang akan lebih senang menggunakan transportasi umum karena nyaman, tepat waktu dan tidak membuat lelah.
4. Harga bensin yang relatif stabil (tidak mahal), kalau harga bensinya mahal..mngkin orang akan banyak melirik kepada motor dalam rangka pengiritan.

Demikian share dari ane, moga2 bermanfaat, amin.
Quote:
Originally Posted by bebemania View Post
jawabannya adalah

1. syarat kepemilikan kendaraan diluar negri sangat mudah, bahkan dp 0 bisa bawa pulang mobil baru

2. transportasi umum diluar negri sangat maju, dan masyarakat sangat dipermudah dengan transportasi umum tersebut

3. orang bule hobi jalan kaki atau naik sepeda

4. biar kata motor2 besar disana lebih murah setengah harga dari di indo (pajak barang mewah n impor 200%) tapi buat si bule harga motor tetep mahal, mending beli mobil sekalian krn harga mobil jg gak mahal (kan merk dan produksi lokal)

5. jalan2 diluar negri sangat panjang dan jauh (jangan bilang indo juga besar, negara kita kebanyakan lautnya daripada daratan) bahkan bisa tembus lintas negara kalau sesama eropa, klo naik motor gak sampai2 dan melelahkan

6. mobil2 diluar negri ber-cc besar2, minimal 4000cc untuk sedan, kalaupun ada yg 2000cc biasanya sudah turbocharger
hal tersebut yg membuat anggapan mengendarai motor sangat berbahaya, krn mobil2 tenaganya tidak kalah besar, membuat banyak orang takut (FYI mobil2 sekelas yaris atau jazz diluar negri cuma mobil untuk orang yg keuangan pas2an ato mepet ke jurang)
Quote:
Originally Posted by ano777 View Post
kalo kata sodara ane yg tinggal di Belgia, harga mobil di Eropa gak jauh beda kyk harga sepeda motor di Indonesia, makanya org2 sana lbh milih mobil ato naik angkutan umum (bis, taksi, ato kereta).
nah, harga rumah di sana yg sederhana (1 lantai + 2-3 kamar + 1 kamar mandi + taman) gak jauh beda sama harga mobil di Indonesia.
Quote:
Originally Posted by dex_vega View Post
jawabannya yang paling sesuai sebenernya bukan krn ekonomi dan blablabla gan. tapi karena CUACA (menurut pengalaman sy).
di negara 4 musim, kalau ada yang berani bawa motor ketika memasuki musim gugur aja tanpa menggunakan pakaian kyk astronot bisa saya bilang superman dah.
nah akibat selanjutnya peminat motor jadi menurun, mobil meningkat. masuk lagi ke pelajaran ekonomi ttg hukum permintaan, efeknya harga mobil turun karena tinggi permintaan. jadi deh populasi motor menurun.

begitu kalau menurut saya. kebetulan sekarang lagi studi di korea.
Quote:
Originally Posted by Rendy..Djayanto View Post
Banyak orang Amerika dan Orang Eropa yang nggak bisa naik motor. Jangankan motor, yang bisa nyetir mobil kopling manual aja dikit terutama US

kalo dibilang harga motor lebih murah, Nggak ada yang jual motor bebek (motor murmer), sekalipun ada yang jual buat mereka dari pada naik motor bebek mending naik sepeda (hipster)

Transportasi umum dalam kota yang nyaman dan jalanan yang bersih dan tertib.

kalau bukan yang hoby naik motor seperti touring pake moge atau trecking nggak bakal beli motor. Bagi mereka motor sarana hoby bukan sarana penunjang transportasi kerja.

harga mobil yang beda SANGAT tipis dengan harga motor + Nawar di dealer mobil di US n Europe jauh lebih gampang dari nawar di dealer motor.
Quote:
Originally Posted by anarmy View Post
mau ngasih jawaban gan.
beberapa alesan kenapa disana motor sedikit (amerika/eropa)

1. ada undang-undang/peraturan lalu lintas yang mewajibkan kalo motor tidak boleh dikendarai lebih dari 1 orang. otomatis mengendarai sepeda motor kemana” justru tidak efektif. selain itu tidak aman karena resiko kecelakaan sangat tinggi dibandingkan naik mobil.

2. transportasi publik yang tepat waktu dan nyaman/bersih. memang tidak aman gan (subway udah terkenal akan kerawanannya, tapi kan itu balik dari Luck masing” orang). tapi jika dibandingkan dengan bersepeda motor dan segala resiko dan pajak kendaraan yang harus dibayarkan, naik kereta/bis lebih tidak capek.

3. walaupun harga mobil atau motor disana murah, tapi harga bensin tidak murah gan. tapi ini bukan alasan utama, yang lebih utama adalah pajak kepemilikan kendaraan pribadi(mobil/motor) sangat tinggi. dan di eropa sana, kita tidak boleh memiliki mobil yang sudah lewat tahun inspeksi (biasanya 5 tahun, kalo punya mobil tua itu biasanya pajaknya sangat mahal).

4. di eropa, banyak negara maju yang tidak mengijinkan kita memiliki kendaraan bekas yang belum balik nama. itu lagi-lagi menambah pengeluaran kalo kita harus beli mobil.

5. karena alesan nomer 3 dan 4, akhirnya karena ngga sanggup beli mobil dan takut mati dan tidak efektif kalo naik motor, akhirnya mereka memilih naik kendaraan umum yang sudah disubsidi besar”an oleh pemerintahnya sehinngga biayanya bisa sangat murah. belum lagi dengan tempat pemberhentian bis/kereta yang sangat banyak sehingga mereka tidak perlu berjalan jauh dari stasiun/halte ke tempat tujuan.

yang terakhir,
6. kebudayaan berjalan kaki di negara maju sudah tinggi. disini ane mendukung mereka gan. mereka bukan jalan kaki karena cuaca yang lebih dingin ato gimana gan. kadang kita di indo suka alesan, “kalo jalan kan panas! kalo din inggris sih enak dingin”. itu sih alesan aja, kalo lagi dingin juga kita alesan “duuh dingin banget kalo jalaaan”.
nah, kalo kita lihat di NYC, biasanya mereka memiliki jarak dari subway ke apartemen mereka sampai harus berjalan 8 blok (mungkin sekitar 2-3km, CMIIW). kalo kita disini, cuma ke ujung jalan aja paling naik ojek (lagi” naik motor)

About these ads